Thursday, February 18, 2016

Apa yang Sebaiknya Ibu Lakukan Jika Berat Badan Bayi Turun Karena Mogok Minum ASI?

Ibu dan Balita


Berat badan bayi pada usia satu minggu memang turun drastis. Hal ini sangat wajar dan tidak perlu ibu khawatirkan. Hanya saja, jika bayi sudah berusia sekitar 1 bulan ke atas namun berat badannya masih di bawah normal, maka pantas jika ibu mulai khawatir.
Menurut medis, bayi berusia satu minggu ke bawah memang memilih berat badan yang turun. Hal ini dikarenakan keluarnya cairan yang dibawa dari dalam rahim. Cairan tersebut dikeluarkan sehingga berat badan bayi turun. Berat badannya tersebut seharusnya akan naik jika ibu memberikan ASI yang cukup.
Pertanyaanya, apakah ibu yakin si kecil mendapatkan ASI yang cukup? Jika ternyata ia menolak untuk mengkonsumsi ASI, maka sudah bisa dipastikan berat badan bayi akan turun. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?
Jangan terburu-buru memberikan susu formula. Ibu sebaiknya berusaha terlebih dahulu agar ia mau minum ASI.
Kenapa Si Kecil Menolak Minum ASI
Jika si kecil kelihatannya menolak minum ASI sehingga berat badan bayi turun, maka ibu perlu cari tahu kenapa si kecil menolak minum ASI. Biasanya, permasalahan seperti ini disebabkan oleh kebersihan payudara. Walaupun ia masih bayi, si kecil sudah mengerti payudara yang sudah dibersihkan dengan payudara yang belum dibersihkan.
Untuk itu, pastikan ibu selalu membersihkan payudara sebelum memberikan ASI kepada si kecil. Caranya, ibu hanya memerlukan kain yang sudah dibasahi dengan air. Akan lebih baik jika ibu membasahi kain tersebut menggunakan air hangat. Setelah itu, usapkan pada payudara ibu agar kotoran terangkat. Setelah itu, ibu bisa mulai menyusui sang buah hati.
Selain karena kebersihan payudara, banyak juga bayi menolak minum ASI karena “bingung puting”. Ini merupakan istilah yang digunakan ketika bayi sudah mulai mengenal dot. Bayi yang sudah ibu kenalkan dengan dot akan lebih memilih minum susu melalui dot daripada langsung dari payudara ibu. Pasalnya, si kecil merasa lebih mudah minum susu dari dot. Sementara itu, ia harus bersusah payah menyedot ASI jika ibu menyusui langsung. Akhirnya, si kecil menolak minum ASI dan bukan tidak mungkin berat badan bayi menjadi turun.
Dari alasan-alasan tersebut, manakah yang menjadi penyebab bayi ibu menolak minum ASI? Yang terpenting, ketahui dulu penyebabnya agar ibu bisa memberikan solusi yang tepat. Ibu harus ingat berat badan ideal bayi itu penting karena berat badan yang ideal menentukan kesehatan si kecil.
Bolehkah Memberikan Susu Formula
Sebenarnya tidak ada larangan  untuk memberikan susu formula kepada bayi. Hanya saja, sebisa mungkin, ibu memberikan ASI eksklusif untuk memastikan bayi sehat. Hal ini dikarenakan tidak ada sumber nutrisi terbaik untuk bayi selain ASI.
Namun, jika kondisi tertentu terjadi sehingga ibu tidak bisa memberikan ASI eksklusif, tentu saja solusi paling tepat adalah memberikan susu formula. Dalam hal ini, pastikan ibu memberikan susu formula terbaik yang kandungannya hampir sama dengan kandungan di dalam ASI. Hal tersebut dibutuhkan agar semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi terpenuhi.
Hanya saja, jika bayi ibu menolak minum ASI, ibu sebaiknya tidak langsung memberikan susu formula. Lakukan pengamatan kira-kira kenapa ia menolak susu. Lalu, cari solusinya agar sebisa mungkin si kecil mengkonsumsi ASI. Karena ASI lah sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Dengan memberikan ASI eksklusif, ibu tidak perlu mengkhawatirkan lagi dengan berat badan bayi.

No comments:

Post a Comment