Thursday, March 3, 2016

Berat Badan Bayi Terlampau Tinggi Di Atas Ideal. Apa yang Ibu Harus Lakukan?

berat badan bayi
Ibu dan Balita

Berat badan bayi di atas angka normal? Tentu hal tersebut sangat mengkhawatirkan. Bagi ibu yang memiliki bayi dengan berat badan melebihi ideal atau obesitas, ibu perlu melakukan beberapa hal yang bisa secara efektif menurunka berat badan si kecil.


Sayangnya, banyak ibu yang tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan merupakan penyebab berat badan bayi di atas normal. Akan tetapi, mereka tidak merasa hal tersebut salah. Mereka menganggap apa yang mereka lakukan tidak berpengaruh terhadap obesitas pada si kecil.

Penyebab Obesitas pada Bayi
Jika ibu selama ini memberikan susu formula untuk si kecil, coba ibu perhatikan pada label bungkus susu dan lihat kandungan apa saja yang ada di dalam susu tersebut. Apakah terdapat kandungan gula? Jika kandungan gulanya tinggi, maka tidak heran jika berat badan bayi ibu di atas ideal.
Selain itu, ada persepsi yang kurang tepat yang dipercaya oleh masyarakat, yaitu bayi yang sehat itu bayi yang gemuk. Padahal, bayi sehat itu bukan karena tubuhnya yang gemuk tapi berat badannya yang ideal.
Sayangnya, persepsi ini diikuti dengan hal lain, yaitu memberikan lebih banyak susu formula agar tubuh si kecil bisa terlihat gemuk. Ibu harus tahu bahwa ada aturan berapa takaran dan berapa kali ibu boleh memberikan susu formula kepada si kecil. Jika tidak sesuai dengan aturan, maka bukan tidak mungkin si kecil akan mengalami masalah dengan berat badan bayi.
Dua hal tersebut di atas merupakan hal yang sepertinya biasa namun justru berpengaruh buruk sekali terhadap kesehatan si kecil. Salah satunya adalah naiknya berat badan si kecil melebihi normal.
Namun, sekarang ini bukan saatnya untuk menyesal. Berat badan ideal bayi bisa didapatkan jika ibu menerapkan beberapa langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Obesitas
Berat badan bayi bisa kembali normal jika ibu memperhatikan asupan gizi yang ibu berikan setiap hari. Jika si kecil sudah mendapatkan MPASI, berilah menu MPASI yang tepat. Untuk bayi yang usianya di antara 6-12 bulan, ibu bisa memberikan menu MPASI berupa kacang-kacangan, gandum, ikan, dan daging sapi.
Namun, menu makanan yang tepat saja tidak cukup. Ibu juga bisa mengontrol pemberian susu setiap hari. Jangan sampai ibu memberikan terlalu banyak susu. Para ahli kesehatan bayi menyarankan agar bayi mendapatkan susu tiga kali sehari. Lebih dari itu bisa mengakibatkan obesitas.
Jika si kecil sudah bisa mulai belajar berjalan, tidak ada salah jika ibu terus memotivasi agar terus belajar jalan. Dengan lebih banyak beraktifitas, berat badan bayi akan kembali ideal. Kalori dan lemak akan terbakar sehingga si kecil akan memiliki berat badan ideal.
Tentu saja beberapa hal tersebut di atas merupakan cara yang sederhana yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi obesitas pada bayi. Akan tetapi, jika berat badan bayi tidak kunjung turun setelah ibu secara terus menerus menerapkan tips tersebut di atas, ada baiknya ibu segera konsultasi dengan dokter anak. Hal ini diperlukan agar si kecil segera mendapatkan treatment khusus dari dokter anak sehingga masalah obesitas yang ia alami segera teratasi.

Demikianlah hal yang sebaiknya ibu ketahui mengenai obesitas pada bayi. Semoga ibu bisa memberikan yang terbaik bagi si kecil sehingga ibu tidak perlu mengkhawatirkan tentang berat badan bayi.


No comments:

Post a Comment