Tuesday, March 1, 2016

Kenapa Berat Badan Bayi Usia 6 Bulan Cenderung Turun?

berat badan bayi
Ibu dan Balita


Berat badan bayi menjadi tolok ukur kesehatan sang buah hati. Itulah mengapa banyak ibu yang khawatir jika tubuh si kecil terlihat kecil. Mereka akan segera menimbang berat badannya. Dan jika hasilnya ternyata turun, maka mereka akan segera mencari tahu kenapa berat badan bayi mereka turun.



Jika turunnya berat badan juga dialami oleh si kecil, terutama ketika usia sudah menginjak 6 bulan, berarti ibu bukan satu-satunya orang tua yang mengalami hal yang sama. Ibu pantas khawatir namun tidak boleh berlebihan. Ibu harus segera mencari solusi bagaimana agar berat badan bayi ibu naik lagi dan setidaknya berada di tataran normal.
Akan tetapi, sebelum mencari solusi, ibu juga perlu tahu dulu sebenarnya apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan sang buah hati.
Penyabab Berat Badan Bayi Usia 6 Bulan Turun
Tidak sedikit bayi yang usianya menginjak 6 bulan berat badannya turun. Hal ini sering dikarenakan asupan nutrisinya kurang. Mungkin saja kualitas ASI ibu kurang atau produksi ASI ibu sedikit.
Akan tetapi, pada dasarnya, bayi usia 6 bulan memang mulai membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Itulah mengapa si kecil akan terlebih kecil dan berat badannya turun karena asupan nutrisi yang ibu berikan dari memberi ASI tidak cukup.
Itulah mengapa para ahli medis menyarankan agar MPASI atau makanan pendamping ASI itu mulai diberikan ketika usia bayi 6 bulan. Selain untuk menaikkan berat badan ideal bayi, MPASI tersebut dirasakan sudah siap untuk dicerna oleh sistem pencernaan si kecil.
Itulah mengapa sebenarnya ibu tidak perlu terlalu khawatir jika berat badan sang buah hati turun. Hal itu tidak berarti menunjukkan bahwa bayi itu tidak sehat. Yang perlu ibu lakukan adalah memberikan menu MPASI dengan nutrisi yang tinggi sesuai dengan kebutuhan bayi usia 6 bulan.
Lalu, menu MPASI apa yang sangat direkomendasikan agar berat badan si kecil naik sehingga bayi sehat?
Pilihan Menu MPASI yang Sangat Disarankan
Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan menu MPASI. Ada banyak sekali referensi yang bisa ibu dapatkan mengenai MPASI yang cocok untuk bayi 6 bulan.
Hanya saja, dalam hal ini ada beberapa menu MPASI yang sangat disarankan untuk ibu coba. Yang pertama adalah menu MPASI berupa baso ayam. Lho, bukannya si kecil belum punya gigi? Tentu saja ibu tidak memberikan baso bulat, tapi ibu haluskan terlebih dahulu baso tersebut menggunakan blender. Baso ayam mengandung protein hewani yang sangat tinggi. Protein ini sangat penting untuk memperbaiki sel, membentuk plasma kelenjar, dan juga bagus untuk menaikkan berat badan ideal bayi.
Menu MPASI yang disarankan selanjutnya adalah bubur kacang hijau. Ibu harus tahu berat badan si kecil naik bukan berarti gemuk. Gemuk sering disebabkan oleh lemak. Sementara itu, harus dipahami bahwa berat badan bayi sehat itu karena protein. Dalam hal ini, bubur kacang hijau mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Itulah mengapa menu MPASI ini disarankan untuk ibu pilih.

Silakan ibu perkenalkan menu MPASI tersebut kepada si kecil. Selain untuk menaikkan berat badannya, menu MPASI tersebut cocok sekali untuk dicoba karena sangat mudah untuk dibuat dan si kecil pasti suka. Silakan mencoba dan buktikan bahwa memang ada perubahan pada berat badan bayi.

No comments:

Post a Comment