Thursday, March 10, 2016

Menu Makan Siang Si Kecil yang Mudah Dibuat untuk Memastikan Berat Badan Bayi Ideal

berat badan bayi
Ibu dan Balita

Berat badan bayi dijadikan salah satu patokan apakah sang buah hati ibu sehat atau tidak. Itulah mengapa saat posyandu, bayi akan ditimbang oleh petugas karena dengan mengetahui berat badan, akan diketahui kondisi kesehatan si kecil.


Wajar jika seorang ibu khawatir jika berat badan bayi tiba-tiba turun drastis. Biasanya berat badannya turun ketika usianya menginjak 6 bulan. Pada usia tersebut, sang buah hati lebih sering bergerak aktif sehingga nutrisi yang dibutuhkan pun lebih banyak.

Oleh karena itu, ibu perlu memikirkan menu makanan yang sebaiknya ibu berikan. Karena pada usia 6 bulan si kecil sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan atau yang disebut MPASI (makanan pendamping ASI), ibu bisa pertimbangkan menu makanan berikut agar si kecil tidak mengalami masalah terkait dengan berat badan bayi.

Jus Alpukat
Enaknya pada siang hari ibu memberikan jus alpukat. Buah yang satu ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Lebih dari itu, buah alpukat juga mengandung lemak yang baik lho. Dengan mengkonsumsi buah ini, berat badan ideal bayi akan tercapai.

Namun, ibu harus tahu banyak sekali bayi yang menolak untuk mengkonsumsi alpukat. Jika ibu baru beberapa hari memberikan MPASI, mungkin ibu akan mengalami kesulitan yang sama. Bayi ibu menolak mengkonsumsi jus alpukat. Hal ini mungkin dikarenakan baunya yang sangat menyengat sehingga si kecil tidak mau makan buah alpukat.

Akan tetapi, ibu tidak boleh menyerah. Ibu harus tahu cara mengantisipasi hal ini. Ibu bisa mencampurkan buah alpukat dengan buah yang lain seperti pisang, jeruk, atau mangga. Campurkan buah yang memiliki rasa manis agar mengurangi bau menyengat dari alpukat. Selain itu, ibu juga bisa mencampurkan dengan ASI. Bahkan, cara ini lebih direkomendasikan.

Karena jus alpukat ini ibu gunakan sebagai menu MPASI, maka sebaiknya ibu tidak membuatnya terlalu cair. Gunakan sedikit air sehingga jus alpukat kental agar si kecil mulai belajar mengenal jenis makanan yang tidak cair seperti ASI.

Ubi Jalar
Selain jus buah, menu MPASI juga bisa berupa ubi-ubian. Dalam hal ini, ibu bisa memilih ubi jalar yang berwarna ungu atau kuning. Terlepas dari itu, semua jenis ibu sangat mempengaruhi berat badan bayi. Untuk itu, tidak salah jika ibu memilih ubi sebagai salah satu menu MPASI untuk si kecil.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Karena ubi kuning rasanya sudah manis, ibu tidak perlu menambahkan gula. Kebanyakan bayi suka dengan rasa manis ubi tersebut. Ibu hanya perlu memblender dengan menambahkan sedikit air. Usahakan hasilnya tidak terlalu cair.

Jus Wortel
Sekarang ibu bisa mencoba sayuran yang digunakan sebagai menu MPASI. Dalam hal ini, ibu bisa memilih wortel. Kandungan berupa vitamin A dan juga serat membuat wortel menjadi menu makanan untuk bayi sehat. Kandungan serat yang tinggi akan membuat sistem pencernaan baik sehingga nutrisi akan diserap oleh tubuh secara optimal. Hasilnya, berat badan bayi akan ideal.

Untuk membuat jus wortel yang enak, ibu perlu memblender dengan mencampurkan susu atau ASI yang ibu perah terlebih dahulu. Selain itu, ibu juga bisa menambahkan pisang agar terasa lebih manis.

Dari menu MPASI tersebut di atas, mana yang akan ibu coba terlebih dahulu? Yang pasti, ibu perlu memberikan variasi menu MPASI yang berbeda agar bayi tidak bosan. Bayi akan senang sekali mengkonsumsi makanan sehingga tidak ada masalah dengan berat badan bayi.



No comments:

Post a Comment