Thursday, March 17, 2016

Tindakan yang Perlu Ibu Lakukan Saat Berat Badan Bayi Cenderung Menurun

Ibu dan Balita

Berat badan bayi tidak selalu naik lho. Memang idealnya ketika bertambah usia, berat badannya seharusnya naik. Kenaikannya pun sudah ditentukan oleh WHO (World Health Organization). Artinya, kenaikan yang sehat itu kenaikan yang terlalu signifikan dan melampau batas normal. Batasan tersebutlah yang ditentukan oleh WHO.


Namun, permasalahannya adalah bagaimana jika berat badan bayi cenderung turun? Apa tindakan yang harus ibu lakukan?

Kebanyakan ibu akan sangat panik. Kepanikan tersebutlah yang kemudian membuat mereka tertutup logikan sehingga tidak bisa berpikir jernih tindakan apa yang seharusnya dilakukan. Umumnya, mereka akan melakukan tindakan yang gegabah dan hasilnya tidak memecahkan masalah.

Untuk itu, ibu tidak perlu panik jika menemukan berat badan bayi cenderung menurun. Berikut langkah-langkah yang perlu ibu lakukan.

Review Makanan yang Ibu Berikan
Apakah si kecil sudah mendapatkan MPASI (makanan pendamping ASI)? Jika sudah, maka ibu perlu memperhatikan jenis makanan yang bisa menaikkan berat badan bayi . Banyak ibu yang sembarangan dalam memberikan MPASI. Memang tidak dilarang memberikan MPASI instan. Tetapi, akan lebih baik jika ibu membuatkan menu MPASI yang terbuat dari bahan alami. Ada banyak tips membuat menu MPASI yang mudah dan sehat.

Sayangnya, jika ibu asal-asalan dalam memberikan MPASI, hal tersebut bisa berimbas pada berat badan si kecil. Apalagi jika si kecil sudah balita. Ia sudah mulai lebih aktif dan memerlukan lebih banyak gizi balita. Jika kadar gizinya tidak terpenuhi, bukan tidak mungkin ia akan mengalami masalah dengan berat badan.

Ibu perlu untuk memberikan menu MPASI yang bisa menaikkan berat badan bayi. Silakan coba untuk beberapa hari dan lihat hasilnya. Apakah berat badan si kecil bertambah?

Konsultasi dengan Dokter Anak
Jika ibu sudah mengganti menu MPASI namun berat badannya tidak kunjung naik, sekarang ibu bisa coba untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Karena dikhawatirkan ada masalah dengan sistem pencernaan si kecil. Banyak sekali kasus di mana berat badan bayi turun karena nutrisi yang didapatkan si kecil tidak bisa diserap secara sempurnya. Nutrisi tidak diserap tapi justru dimakan oleh bakteri jahat dan langsung keluar melalui BAB. Maka bukan tidak mungkin berat badan bayi akan turun.

Akan tetapi, bisa juga si kecil mengalami masalah yang lain. Oleh karena itu, ibu perlu konsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap sehingga ibu bisa mendapatkan solusi yang tepat.

Memberikan Jus Buah
Jika si kecil sudah mendapatkan MPASI, maka tidak salah jika ibu memberikan jus buah ya. Jus buah yang mengandung serat bisa membuat si kecil mudah makan. Dengan demikian, ia akan lebih lahap dalam mengkonsumsi makanan sehingga berat badannya berangsur-angsur naik.

Selain itu, buah juga kaya akan serat lho. Pilihlah buah yang mengandung banyak sehat. Jika memang sistem pencernaan yang bermasalah sehingga membuat berat badan bayi turun,  memberikan jus buah merupakan salah satu solusinya.

Jadi, sebenarnya ibu tidak perlu takut dan terlalu panik jika berat badan anak turun. Ibu harus tenang lalu fokus untuk mencari penyebabnya. Setelah itu, ibu cari solusinya. Yang jelas, berat badan si kecil harus dijaga karena secara tidak langsung hal itu juga akan berpengaruh dengan perkembangan balita nanti.

Ada banyak cara kan untuk menaikkan berat badan si kecil? Yang perlu ibu lakukan adalah mencari penyebab kemudian cari cara menaikkan berat badan bayi yang tepat.

No comments:

Post a Comment