Friday, March 11, 2016

Kenapa Berat Badan Bayi Justru Turun Saat Si Kecil Mendapatkan MPASI?

berat badan bayi
Ibu dan Balita

Berat badan bayi bisa saja tiba-tiba turun. Berat badan si kecil bisa sangat fluktuatif. Namun, jika si kecil sudah memasuki usia 6 bulan dan sudah mendapatkan MPASI tapi justru berat badannya turun, tentu hal tersebut sangat aneh.


Logikanya, berat badan bayi akan naik ketika ia mendapatkan asupan gizi bukan dari ASI saja, kan? Akan tetapi, jika ternyata si kecil memiliki berat badan yang cenderung turun, tentu ibu harus mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Penyebab Berat Badan Bayi Turun
Salah satu faktor yang menunjukkan bahwa bayi sehat atau tidak bisa dilihat dari berat badannya. Jika berat badan si kecil ideal sesuai dengan ketentuan dari WHO (World Health Organization), maka bayi ibu sehat. Jika melebihi atau kurang dari batas yang ditentukan, bayi ibu perlu penanganan khusus.

Untuk kasus bayi yang sudah mendapatkan MPASI namun berat badannya turun, ibu perlu tahu kemungkinan apa saja yang menjadi penyebabnya.

Salah satu penyebab yang mungkin dialami oleh si kecil adalah sistem pencernaan yang tidak bekerja optimal. Ibu harus tahu bahwa sistem pencernaan si kecil bisa saja belum bekerja dengan baik. Selama ini bayi ibu hanya mendapatkan ASI. Sekarang, si kecil sudah mendapatkan makanan dengan tekstur kasar. Tentu sistem pencernaan perlu menyesuaikan.

Jika berat badan bayi turun, bisa jadi sistem pencernaan tidak mampu mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang ibu berikan. Dalam hal ini, ibu perlu memeriksakan kondisi si kecil dengan dotker anak.

Penyebab lainnya adalah kesalahan ibu dalam memilihkan menu MPASI. Banyak sekali menu MPASI yang bisa pilih. Akan tetapi, sangat disarankan agar ibu memilihkan menu MPASI yang mengandung tinggi protein seperti daging sapi. Untuk mendapatkan berat badan ideal bayi, jelas sekali bahwa menu MPASI sangat mempengaruhi.

Penyebab yang sangat sering terjadi ketika berat badan si kecil turun adalah susahnya si kecil mengkonsumsi MPASI. Mungkin ibu merasa tidak ada masalah dengan pola makan si bayi ibu ketika mulai mendapatkan MPASI. Akan tetapi, jika bayi hanya sedikit sekali mengkonsumsi MPASI, mungkin saja ada masalah dengan si kecil.

Perhatikan kesehatannya. Apakah ia sedang sakit? Perhatikan juga tentang waktu pemberian MPASI. Jangan sampai ibu memberikan MPASI ketika si kecil belum lapar. Sebaiknya ibu memberikan makanan sebelum ibu memberi ASI agar si kecil bisa lahap mengkonsumsi MPASI yang ibu siapkan.

Selain itu, ibu juga perlu menerapkan tips-tips seputar cara memberikan MPASI agar berat badan bayi normal. Ternyata, tidak mudah lho untuk membuat si kecil mau mengkonsumsi MPASI. Apalagi jika ibu salah dalam memilihkan menu. Bukan tidak mungkin si kecil akan selalu menolak jika ibu memberikan menu makanan.

Hati-Hati dengan Obesitas
Selain masalah turunnya berat badan bayi, masalah lain yang tak kalah penting untuk ibu antisipasi adalah obesitas atau kegemukan. Ada batas normal berapa usia bayi seharusnya di mana batas tersebut sudah ditentukan berdasarkan usia si kecil.

Untuk itu, perlu sekali bagi ibu untuk melakukan pengecekan secara terus menerus. Jangan sampai ibu melewatkan waktu posyandu karena pada saat itulah petugas kesehatan akan menghitung berat badan bayi. Jika ternyata berat badannya belum ideal, maka petugas akan memberikan saran yang tepat. Yang jelas, dengan memperhatikan menu MPASI yang ibu berikan setiap hari, ibu tidak akan perlu lagi mengkhawatirkan tentang berat badan bayi.

No comments:

Post a Comment