Tuesday, March 8, 2016

Selain Makanan, Inilah yang Mempengaruhi Berat Badan Bayi

berat badan bayi
Ibu dan Balita

Berat badan bayi sering sekali dikaitkan dengan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Namun, sebenarnya faktor yang mempengaruhi naik atau turunnya berat badan si kecil itu tidak dari makanan saja.


Untuk itu, jika ibu memiliki bayi yang berat badannya turun, ibu tidak bisa menyimpulkan bahwa nutrisi yang ibu berikan setiap hari kurang banyak. Ibu juga tidak boleh menganggap susu yang ibu pilih bukanlah susu yang tepat. Memang ada kemungkinan anggapan tersebut benar. Akan tetapi, ibu perlu tahu faktor lain yang mempengaruhi berat badan bayi selain nutrisi dari makanan.

Kualitas Tidur
Banyak ibu yang tidak menyadari bahwa kualitas tidur bayi juga mempengaruhi berat badan ideal bayi. Sayangnya, banyak ibu yang saking senang bermain dengan sang buah hati, mereka lupa kapan si kecil harus ditidurkan. Mungkin si kecil tidak terlihat mengantuk. Namun, ibu harus tahu kapan waktunya si kecil tidur dan kapan ibu bisa mengajaknya bermain.
Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk membuat si kecil memiliki kualitas tidur yang baik jika ibu tidak ingin sang buah hati memiliki masalah dengan berat badan bayi. Ibu bisa membuat jadwal pada jam berapa saja si kecil sebaiknya tidur. Dan yang tak kalah penting. pastikan si kecil tidur siang karena dengan tidur siang si kecil bisa memiliki kualitas tidur malam yang lebih balk.

Selain itu, jika ibu melihat ada tanda-tanda bahwa si kecil sudah lelah dan mengantuk, ibu sebaiknya langsung menidurkannya. Untuk masalah yang satu ini, ibu harus peka terhadap tanda-tanda si kecil mulai mengantuk.

Pemberian Susu
Mungkin ibu sudah memberikan susu yang terbaik. Akan tetapi, tetap saja si kecil mengalami masalah dengan berat badan di bawah normal. Lalu, apa itu berarti ibu perlu mengganti susu formula?

Tahan dulu. Ibu tidak perlu menggantinya. Ibu sebaiknya review apa yang selama ini ibu lakukan. Apakah ibu sesudah memberikan susu sesuai dengan takaran atau aturan yang ada pada label susu?

Banyak sekali ibu yang tidak menyadari bahwa masalah berat badan bayi itu sering dikarenakan pola pemberian susu yang tidak sesuai aturan. Seperti contoh, pemberian susu lebih dari 3 hari sehingga si kecil mengalami obesitas. Pemberian susu yang tidak sesuai aturan sehingga kandungan gizi dalam susu tidak bisa terserap maksimal oleh tubuh si kecil sehingga ia kelihatan kurus. Jadi, pertanyaan yang perlu ibu jawab saat ini adalah apakah ibu sudah yakin memberikan susu sesuai dengan aturan?

Kalaupun ibu sudah memberikan susu sesuai aturan tapi si kecil masih memiliki masalah dengan berat badan ideal bayi, maka hal tersebut mungkin disebabkan ada masalah dengan sistem pencernaan si kecil sehingga nutrisi yang didapatkan dari makanan dan minuman yang ia konsumsi tidak diserap dengan baik oleh tubuhnya. Untuk memastikan hal ini, ibu perlu konsultasi dengan dokter anak.

Terlepas dari itu semua, jika ibu memberikan ASI, maka kemungkinan besar si kecil tidak akan mengalami keluhan kesehatan seperti berat badan. Pasalnya, salah satu hal yang pasti membuat bayi sehat adalah asupan gizi dari ASI.

Untuk itu, sekalipun ibu sudah memberikan susu formula, sebaiknya ibu juga tetap memberikan ASI kepada si kecil. Pasalnya, ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh si kecil untuk perkembangan serta berat badan bayi.


No comments:

Post a Comment